Search

Memuat...

Universitas Brawijaya



Kampus UB berada di kota Malang Jawa Timur, dengan lokasi yang mudah terjangkau oleh kendaraan umum. Kampusnya sangat asri karena banyaknya pepohonan dan ditunjang oleh hawa sejuk kota Malang. Sejarah membuktikan keberadaan Kota Malang sebagai kota pendidikan tempat UB tumbuh dan berkembang pesat. Ini tidak terjadi dengan sendirinya tapi seakan merupakan proses sejarah yang tidak terpisahkan dari kejayaan Jawa Timur di masa lampau.

Sejarah
Kantor Pusat Universitas Brawijaya (1963 - 1974)

Kantor Pusat Universitas Brawijaya (1974 - 1982)
Kantor Pusat Universitas Brawijaya (2010 - sekarang)

Nama Universitas Brawijaya diberikan oleh Presiden Republik Indonesia melalui kawat nomor 258/K/61 tanggal 11 Juli 1961. Nama ini berasal dari gelar Raja-raja Majapahit yang merupakan kerajaan besar di Indonesia pada abad 12 sampai 15. Universitas Brawijaya dinegerikan berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 196 tahun 1963 dan berlaku sejak 5 Januari 1963. Tanggal tersebut kemudian ditetapkan sebagai hari lahir (Dies Natalis) Universitas Brawijaya. Perjalanan Universitas Brawijaya sebelum dinegerikan diawali pada tahun 1957 di Malang berdiri cabang Universitas Sawerigading Makassar yang hanya terdiri dari dua fakultas yaitu Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi. Kemudian pada tanggal 1 Juli 1960 diganti namanya menjadi Universitas Kotapraja Malang. Dibawah naungan Universitas tersebut beberapa bulan berikutnya terdapat tambahan dua fakultas yaitu Fakultas Administrasi Niaga (FAN) dan Fakultas Pertanian (FP). Universitas Kotapraja Malang inilah yang kemudian diganti namanya menjadi Universitas Brawijaya.
Pada saat dinegerikan, Universitas Brawijaya hanya mempunyai 5 fakultas yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ketatanegraan dan Ketataniagaan (FKK merupakan perluasan dari FAN dan saat ini namanya adalah Fakultas Ilmu Administrasi - FIA), Fakultas Pertanian dan Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan (FKHP). FKHP kemudian dipecah menjadi dua fakultas pada tahun 1973, yaitu Fakultas Peternakan (FPt) yang berada di Universitas Brawijaya dan Fakultas Kedokteran Hewan yang berada dibawah naungan Universitas Airlangga. Fakultas Teknik (FT) berdiri tahun 1963 berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP nomor 167 tahun 1963 tertanggal 23 Oktober 1963.
Berdasarkan SK Presiden Nomor 59 tahun 1982 tanggal 7 September 1982 tentang struktur organisasi Universitas Brawijaya, Fakultas Perikanan (FPi) menjadi fakultas tersendiri karena sejak tahun 1977 digabung menjadi satu dengan Fakultas Peternakan dengan nama Fakultas Peternakan dan Perikanan. Sebagai catatan bahwa Fakultas Perikanan telah berdiri sejak tahun 1963 di Probolinggo yang merupakan Jurusan dari FKHP Universitas Brawijaya. Fakultas Kedokteran (FK) secara resmi berada di bawah Universitas Brawijaya sejak tahun 1974 setelah sejak berdirinya tahun 1963 dibawah Yayasan Perguruan Tinggi Jawa Timur. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), diresmikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0371/O/1993 tanggal 21 Oktober 1993. Universitas Brawijaya menambah satu lagi fakultas yaitu Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) yang merupakan peningkatan status dari Jurusan Teknologi Pertanian yang sebelumnya berada di Fakultas Pertanian.
Perubahan singkatan Unibraw menjadi UB
Melalui suratnya yang bernomor 09343/J10/LL/2008, tanggal 24 Maret 2008, Rektor Universitas Brawijaya, Prof. Dr. Ir. Yogi Sugito menyatakan bahwa memperhatikan saran dari pihak sivitas akademika dan masyarakat serta memahami semakin banyaknya penggunaan singkatan UB oleh kedua pihak tersebut, maka Senat Universitas Brawijaya mulai tanggal 17 Maret 2008 telah menetapkan singkatan UNIBRAW menjadi UB. Penggunaan singkatan tersebut baik untuk penggunaan dalam Bahasa Indonesia maupaun Bahasa Inggris. Keputusan Senat Universitas Brawijaya tersebut secara resmi menetapkan singkatan UNIBRAW menjadi UB. Perubahan ini juga diperuntukkan untuk mendukung proses internasionalisasi Universitas Brawijaya.
Logo UB

Join UB, Be The Best

Makna yang terkandung di dalam logo tersebut, kalimat “Join UB be the Best” merupakan moto Universitas Brawijaya yang berupaya menjadi yang terbaik. Berikut ini adalah makna lain yang terkandung di dalam logo UB: - Tulisan “UB” dalam bulatan menggambarkan keberadaan Universitas Brawijaya selalu dinamis dalam masyarakat dunia.
·    Sayap berjumlah 3 buah mengelilingi bulatan bola dunia, menunjukkan tiga pilar Tridharma Perguruan Tinggi (pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat) yang bertaraf internasional.- Warna emas pada huruf dan gambar mengandung arti kebijaksanaan dan kejayaan.
·    Warna biru sebagai latar belakang menggambarkan bahwa Universitas Brawijaya bersifat universal.
·    Bingkai (frame) berbentuk bujur sangkar (seimbang pada semua sisi) memberi arti berkeadilan (fairness).

Fakultas
1.      Fakultas Hukum
·         Ilmu Hukum
2.      Fakultas Ekonomi dan Bisnis
·         Ekonomi Pembangunan
·         Manajemen
·         Akuntansi
3.      Fakultas Ilmu Administrasi
·         Ilmu Administrasi Bisnis
·         Ilmu Administrasi Publik
4.      Fakultas Pertanian
·         Agribisnis
·         Agroekoteknologi
5.      Fakultas Peternakan
·         Peternakan
6.      Fakultas Teknik
·         Teknik Elektro
·         Teknik Mesin
·         Teknik Informatika
·         Teknik Pengairan
·         Teknik Sipil
·         Teknik Industri
·         Teknik Arsitektur
·         Perencanaan Wilayah dan Kota
7.      Fakultas Kedokteran
·         Pendidikan Dokter
·         Ilmu Keperawatan
·         Ilmu Gizi
·         Pendidikan Dokter Gigi
·         Farmasi
·         Kebidanan
8.      Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
·         Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan
·         Teknologi Hasil Perikanan
·         Budidaya Perairan
·         Manajemen Sumberdaya Perairan
·         Ilmu Kelautan
·         Manajemen Bisnis Kelautan dan Perikanan
9.      Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
·         Kimia
·         Fisika
·         Biologi
·         Matematika
·         Statistika
·         Ilmu Komputer
10.  Fakultas Teknologi Pertanian
·         Teknologi Hasil Pertanian
·         Teknologi Industri Pertanian
·         Teknik Pertanian
11.  Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
·         Sosiologi
·         Komunikasi
·         Hubungan Internasional
·         Psikologi
·         Ilmu Politik
·         Ilmu pemerintahan
12.  Fakultas Ilmu Budaya
·         Sastra Inggris
·         Sastra Jepang
·         Bahasa dan Sastra Perancis
13.  Program Kedokteran Hewan
·         Pendidikan Dokter Hewan
14.  Program Pendidikan Vokasi
15.  Program Pascasarjana

Hymne Universitas Brawijaya
Hymne Universitas Brawijaya diciptakan oleh seorang mahasiswa FKHP R. Janardhana pada tahun 1963 Syair Hymne Universitas Brawijaya adalah sebagai berikut:
Pada zaman cemerlang budaya Indonesia
Jaya bertahta permata pujaan negara
Penyuluh jiwa budi satria nan perwira
Itulah Sri Maharaja Brawijaya mulia
O, Brawijaya luhur citanya, luhur tujuannya
O, Brawijaya lambang abadi, kebangunan Indonesia
Di bawah naunganmu berdaya tempat dharma
Pengasuh budaya bagi putra-putri bangsa
Rela berdharma bakti berjuang nan satria
Mengabdi pada pertiwi bumi Indonesia
O, Brawijaya bangun citanya, bangun tujuannya
O, Brawijaya lambang abadi, kemuliaan bangsa
Padamu 'ku berjanji setia jiwa raga
Menuntut budaya untuk kemuliaan bangsa
Menjunjung tinggi cita pusaka Brawijaya
Mengabdi pada pertiwi bumi Indonesia
O, Brawijaya hidup citanya, hidup tujuannya
O, Brawijaya lambang abadi kekayaan Indonesia

Mars Universitas Brawijaya
Mars Universitas Brawijaya diciptakan oleh Lilik Sugiarto tahun 1996.
Berpadu di derap langkah menyambut terangnya sang surya
Universitas Brawijaya sumber ilmu dan Budaya
Kibarkan tekad patria serempak dalam satu cita
Ayo Bangkit semangat baja bahagia menanti kita
Maju terus Almamater tercinta Universitas Brawijaya
Dengan rahmat Tuhan dan dasar pancasila abadilah namamu
Dengan jiwa Tri Dharma kami setia mengawal Universitas Brawijaya

Jumlah Mahasiswa
Selama 5 tahun terakhir, jumlah mahasiswa terdaftar (JMT) Universitas Brawijaya selalu mengalami kenaikan. tahun 1999/2000 sebesar 13,54%, tahun 2000/2001 sebesar 8,11%, tahun 2002/2003 sebesar 4,13%. Sedangkan pada tahun 2003/2004 terdaftar 32.602 orang atau mengalami kenaikan sebesar 3,19% dari JMT tahun sebelumnya.
Pada semester ganjil tahun akademik 2003/2004, Universitas Brawijaya memiliki 32.602 orang mahasiswa, dengan rincian sebagai berikut: · Program Diploma I, III = 3.669 orang · Program Politeknik = 3.495 orang · Program Diploma IV Gizi = 30 orang · Strata Satu (S-1) = 16.546 orang · Strata Satu (S-1) Ekstensi = 6.412 orang · Program Pascasarjana = 2.450 orang

Peringkat Perguruan Tinggi & Jumlah Dosen
Universitas Brawijaya pada 10 Januari 2009 mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) melalui Keputusan BAN PT No. 015/BAN-PT/Ak-II/Inst/I/2009. Dengan demikian, UB adalah 1 dari 2 perguruan tinggi di Jawa Timur yang terakreditasi A yaitu bersama ITS.
Peringkat Universitas Brawijaya pada tahun 2010 adalah peringkat 2026 di dunia dan peringkat 10 di Indonesia versi Webometrics, peringkat 500-600 di dunia dan peringkat 10 di Indonesia versi The QS, peringkat 972 di dunia dan peringkat 6 di Indonesia versi 4 ICU.
Pada Jumlah Dosen Tetap 1.424 orang, dengan jenjang pendidikan tertinggi : S-1 : 315 orang S-2 : 768 orang S-3 : 341 orang

Organisasi Kemahasiswaan
Menwa 803 Universitas Brawijaya "Bhirawa Yudha Cendekia"
Resimen Mahasiswa (Menwa) adalah sarana pengembangan diri mahasiswa ke arah perluasan wawasan dan peningkatan keikutsertaan dalam upaya bela negara yang disusun, diorganisasikan dan dibentuk secara wilayah pada setiap Propinsi Daerah Tingkat I, dan sebagai Satuan Resimen Mahasiswa (Satmenwa) di Perguruan Tinggi. Sat Menwa 803 Universitas Brawijaya berdiri pada Tahun 1977. Tujuan Resimen Mahasiswa
  1. Sebagai wadah penyaluran potensi mahasiswa dalam rangka mewujudkan hak dan kewajiban warga negara dalam bela negara.
  2. Mempersiapkan mahasiswa yang memiliki sikap disiplin, pengetahuan, fisik dan mental agar mampu melaksanakan tugas bela negara serta menanamkan dasar-dasar kepemimpinan dengan tetap mengacu pada tujuan pendidikan nasional.
  3. Mempersiapkan potensi mahasiswa sebagai bagian dari potensi rakyat dalam rangka Sishankamrata.
Kegiatan Menwa "Mahasurya" Jawa Timur :
1. Kegiatan Periodik
a.       Dikltsar Menwa
b.      Suskalak
c.       Suskapin
d.      Dik Provost dan Dik Polmen
e.       Satgas Timtim
f.       Kegiatan keputrian (khusus Menwa Putri) tiap bulan Korwil Surabaya dan Korwil Malang.
g.      Raid Berret gabungan
h.      HUT MENWA Mahasurya 1 Juni
i.        Rakerda dan Rakernas Menwa
j.        Upacara Parade Surya Senja tiap bulan
k.      DIKSAR Linmas perkotaan dan Gurila
l.        Sus Pelatih Menwa
m.    Dll
2.      Kegiatan-kegiatan Insidental
a.       Keterlibatan dalam Upacara Peringatan : - Hari Kartini - HUT Hansip - Hardiknas - Harkitnas - HUT Bhayangkara - HUT Proklamasi - Hapsak - HUT ABRI - Hari Sumpah Pemuda - Hari Pahlawan - HUT Kodam - Hari Ibu dan Kowad - HKSN – AKRN.
b.      Pembinaan Satuan dan Personil - Rapat Dansat se-Jatim - Latihan Pemantapan (Lantap) - Latihan Peningkatan (Latpen) - Kursus Dasar Staf (KDS) - Spara Dasar - Menembak Mahir - Menyelam - Kunjungan Korwil di satuan – Dll.
c.       Pengabdian Masyarakat - Bhakti Sosial - KKBM-TNI dan POLRI - Peringatan Hari Ibu Panti Asuhan – Dll.

Impala UB
Ikatan Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Brawijaya berdiri sebagai unit aktivitas kegiatan mahasiswa yang bernaung di bawah panji Universitas Brawijaya berdasarkan SK DEMA No. II/DMUB/1975. Pada tanggal 29 Mei 1976, SK tersebut mengalami pembaharuan dan akhirnya pada tanggal tersebut disepakati sebagai hari kelahiran Impala UB.
Pola Kegiatan Mendasarkan pada pola RESOSIL Rekreasi, Olah Raga dan Sosial. Pada operasional kegiatan terbagi menjadi beberapa divisi, Divisi Gunung Hutan, Rock Climbing, Caving, Arung Jeram, Penalaran dan Pengabdian Masyarakat
Dan selain bidang-bidang kegiatan yang ada, Impala UB juga mempunyai wadah lain bagi pengembangan tibadi anggota dan organisasi melalui media jurnalistik BRAVO, yaitu buletin sebagai sarana informasi dan komu-nikasi kepencintaalaman dan lingkungan hidup dan didistribusikan secara nasional. Kenggotaan Dalam membina dan mengembangkan anggota IMPALA UNIBRAW terbagi dalam status keanggotaan yaitu : anggota muda, anggota biasa, anggota kehormatan dan anggota luar biasa. Sistem pendidikan yang digunakan bersifat khusus dan berkesinambungan:
  1. Sistem rekruitmen, dengan menggunakan suatu Pendidikan dan Latihan Dasar (DIKLATSAR) sekali dalam setahun. Diklatsar ini terbagi menjadi diklat forum untuk teori dan diklat lapangan sebagai aplikasinya.
  2. Pendidikan dan pengembangan fase orientasi umum, setelah lulus Diklatsar dan diterima sebagai anggota muda IMPALA UNIBRAW, diadakan pengenalan pengenalan lanjutan meliputi lingkungan hidup, materi keorganisasian dan olahraga alam bebas.
  3. Pendidikan dan pengembangan fase spesialisasi, setelah melampaui fase orientasi umum, anggota muda dapat memilih bidang olahraga yang diminati atau sosial ilmiah untuk mendapatkan materi-materi pendalaman. Untuk materi keorganisasian adalah materi wajib yang harus dipelajari.
  4. Fase pengembangan bagi anggota secara keseluruhan melalui kegiatan-kegiatan IMPALA UNIBRAW.

YES UB
Young Entrepreneur Society University of Brawijaya"
Young Entrepreneur Society University of Brawijaya (YES UB) adalah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang bergerak di bidang kewirausahaan / entrepreneurship. YES UB merupakan organisasi pelopor bidang UKM pertama di Indonesia pada tingkat perguruan tinggi yang khusus menekuni bidang kewirausahaan. YES UB berdiri sejak tahun 2007 dan secara resmi melalui SK Rektor Universitas Brawijaya No. 028/SK/2010 pada tanggal 3 Februari 2010
Sekilas UPPTI - UB
Unit Pengkajian dan Penerapan Teknologi Informasi - Universitas Brawijaya atau disingkat UPPTI - UB , merupakan sebuah unit khusus, yang selanjutnya di berikan kepercayaan untuk dapat mandiri berdiri sendiri untuk membiayai operasional kegiatannya.UPPTI-UB bergerak dalam riset, pengembangan dan penerapan Teknologi Informasi.
Dibentuk secara khusus oleh Universitas Brawijaya melalui "SK Rektor No 009/SK/2001" pada tanggal 6 Februari 2001 sebagai bentuk keseriusan Universitas Brawijaya dalam pengembangan teknologi informasi. 

Meskipun baru dibentuk secara resmi pada tahun 2001, UPPTI-UB telah melakukan riset dan pengembangan dibidang TI sejak tahun 1997. Dan sejak tahun 1998, staf-staf UPPTI telah dipercaya sebagai rekanan Pusat Komputer Universitas Brawijaya yang khusus dibidang TI. Saat ini, UPPTI-UB telah memiliki Sumber Daya Manusia yang qualified dibidangnya dan memiliki pengalaman dalam pengembangan Teknologi Informasi selama 6 tahun terakhir.
Sumber :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar